CEGAH OSTEOPOROSIS MULAI DINI
05.48 | Author: DID YOU KNOW??
  • Cara pencegahanya dapat ditempuh antara lain dengan memaksimalkan massa tulang pada semua usia dan jenis kelamin melalui olah raga teratur, diet seimbang kaya kalsium, protein dan vitamin D, serta cukup paparan sinar matahari.

  • Bagi wanita usia lanjut, perlu dilakukan tindakan preventif untuk mencegah yang bersangkutan jatuh atau cidera dan mempertahankan respons proteksi dini pada usia lanjut.


  • Olah raga yang dianjurkan adalah olah raga dengan pembebanan yang dilakukan dalam posisi tegak sehingga kerangka tubuh menunjang berat badan, misalnya jalan, jogging, senam, tennis, dan sebagainya. Namun, bagi penderita osteoporosis dianjurkan untuk tidak berolah raga secara berlebihan untuk menghindari terjadinya patah tulang.

  • Konsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti bayam juga sangat dianjurkan sebab kekurangan magnesium juga dinyatakan sebagai salah satu penyebab osteoporosis. Magnesium terlibat dalam 300 lebih fungsi tubuh, selain untuk membantu metabolisme kalsium dan vitamin D3


  • Selain juga melakukan aktivitas fisik guna mendukung usaha ini seperti olah raga beban yang dapat memapatkan massa tulang, penting untuk terkena matahari pagi dan sore yang kaya akan vitamin D. Waktu yang tepat untuk berjemur diri adalah pada pk. 07.30-09.00 dan pada sore hari pada pk. 16.00-17.00.

  • Memperbanyak asupan kalsium murah dan mudah didapat seperti makanan kaya isoflavon dari bahan dasar kacang kedelai seperti tahu dan tempe. Konsumsi kalsium harus memadai setiap hari, sebab kebutuhan kalsium hirian bagi orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari. Kebutuhan ini makin meningkat pada wanita hamil dan menyusui. Mencukupi kebutuhan kalsium dapat dengan mudah dilakukan melalui konsumsi makan-makan yang banyak mengandung kalsium seperti susu, yoghurt, keju, daging, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan ikan teri. Ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air sebab terikat oleh protein.


  • Hindari merokok, alkohol, kefein, juga Soft drink yang banyak mengandung karbonat karena menghambat penyerapan kalsium.

(Sumber : Media AAM)

This entry was posted on 05.48 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

NASEHAT UNTUK PARA PEMUDA