BERHENTI MEROKOK
06.45 | Author: DID YOU KNOW??
Anda semua tentu sudah mengetahui tentang bahaya rokok. Apa saja yang terkandung di dalam satu batang rokok. Saya sendiri kadang juga merasa heran, padahal sudah tertera dengan jelas bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan. Apa lagi tulisan tersebut tertera jelas pasa bungkus rokok itu sendiri. Tetapi mengapa masih banyak juga orang-orang yang dengan santai dan nyaman menghisap batang rokok. Padahal tanpa disadari rokok akan membunuhnya secara perlahan-lahan. Wahai sahabatku semua, satu bungkus rokok berharga sekitar Rp 8.000,- dan rata-rata orang yang sudah kecanduan terhadap rokok, dia mampu menghabiskan 1 bungkus rokok tiap hari. Di lihat dari segi ekonomi, tanpa disadari berapa nominal yang telah dikeluarkan dalam 1bulan. Pastilah jumlah yang tidak sedikit. kenapa masih banyak orang yang merokok?? padahal selain mengancam kesehatanya, rokok juga membuat pola hidup yang boros. Mari kita semua mencoba dan berusaha untuk menghindari batang rokok. Di bawah ini merupakan sedikit tips untuk berhenti merokok.
Fokus pada penguatan diri

Selama 15 menit ke depan, berjanjilah untuk fokus pada hubungan Anda dengan rokok. Kesempatan-kesempatan yang sudah Anda coba untuk berhenti sebelumnya. Mungkin Anda sudah berhenti merokok selama beberapa minggu, atau bulan. Fakta bahwa Anda benar-benar sudah benar-benar berhenti merokok sebelum Anda memulainya lagi, dan kali ini Anda akan berhenti merokok untuk seluruh hidup Anda.
Penelitian menunjukkan bahwa setiap kali perokok mencoba berhenti, mereka menjadi lebih kuat dan belajar lebih banyak mengenai apa yang bisa membantu dan yang bisa menggagalkan komitmen mereka untuk terbebas dari belenggu rokok. Menurut pionir transplantasi paru-paru, Joel Cooper, MD, berhenti merokok tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga psikologi. "Sebagian besar perokok menyesali keputusan mereka saat mulai merokok," kata Cooper."Saat mereka berhenti, mereka mendapatkan rasa kontrol diri, rasa yang menguatkan."

Memahami Kenyataan: Mengapa rokok mengontrol Anda

Pernahkah Anda merasa heran melihat diri Anda yang tetap merokok walaupun sudah tahu risikonya terhadap kesehatan? Salahkan nikotin, obat utama di tembakau, penyebab ketergantungan Anda. Nikotin bekerja pada jalur yang sama dengan kokain di otak. Saat Anda merokok pertama kali, Anda mungkin menginginkan satu lagi. Tetapi, semakin banyak rokok yang Anda hisap, semakin Anda ingin merokok untuk mendapatkan perasaan yang sama. Ini disebut dengan "tolerasi" dan inilah mekanisme di belakang ketergantungan Anda.

Buatlah rencana berhenti merokok

Supaya berhasil dalam upaya berhenti merokok, atau usaha apa pun dalam hidup, Anda perlu rencana yang matang. Cobalah rencanakan tanggal pasti kapan Anda ingin berhenti merokok, carilah hari dimana Anda tidak mengalami tekanan tambahan, stres merupakan hambatan utama berhenti merokok. Anda mungkin memilih saat akhir pekan atau ketika anak Anda sedang menghabiskan beberapa harinya dengan teman-temannya. Tandailah hari ini dalam kalender Anda. Tetaplah fokus secara mental dan emosional pada tanggal ini sebagai permulaan baru dalam hidup Anda. Penting juga membersihkan lingkungan tempat Anda merokok, pada malam sebelum hari berhenti yang telah ditetapkan, buanglah semua rokok, korek, pemantik, serta asbak. Jangan beli rokok saat Anda pergi ke Toko. Jangan meminta orang lain membelikannya untuk Anda. Jika Anda tidak mempunyai rokok di sekitar Anda, Anda tidak akan menghisapnya. Rencanakan beberapa kegiatan khusus untuk hari yang telah ditetapkan agar Anda tetap sibuk, seperti jalan-jalan, menonton film, atau keluar dengan teman-teman. Mintalah anggota keluarga dan teman-teman Anda agar tidak menawarkan rokok atau merokok di depan Anda. Tujuan Anda adalah melewati hari pertama bebas rokok yang penting, yang akan membantu Anda sukses pada hari ke-2, ke-3, dan setiap harinya setelah itu.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat untuk kita semua.


This entry was posted on 06.45 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

NASEHAT UNTUK PARA PEMUDA